Class

Class merupakan struktur data dari objek. Untuk menjelaskan tentang Class, akan kita bandingkan bentuk antara struktur dan Class.

Class secara umum

Konsep penggabungan data dan fungsi seperti diatas disebut encapsulasi, yang diterapkan dalam C++ dengan tipe turunan.

Contoh Kelas :

1. Fungsi didefinisikan di dalam kelas

#include <iostream.h>
#include <string.h>
class penduduk
{
private:
int id;
char nama[80];
public:
void tampilkan(void)
{
cout<<”No. KTP : “<<id<<endl;
cout<<”Nama : “<<nama<<endl;
}
void set(int idn, char *n)
{
id = idn;
strcpy(nama,n);
}
};

void main()
{
penduduk saya;
saya.set(1234,”Andi”);
saya.tampilkan();
}

2. Fungsi anggota didefinisikan diluar kelas

#include <iostream.h>
#include <string.h>
class penduduk
{
private:
int id;
char nama[80];
public:
void tampilkan();
void set(int idn, char *n);
};

void main()
{
penduduk saya;
saya.set(1234,”Andi”);
saya.tampilkan();
}

void penduduk :: tampilkan(void)
{
cout<<”No. KTP : “<<id<<endl;
cout<<”Nama : “<<nama<<endl;
}
void penduduk :: set(int idn, char *n)
{
id = idn;
strcpy(nama,n);
}

Keluaran kedua contoh diatas sama saja, yaitu :
No. KTP : 1234
Nama : Andi

Penjelasan :
Saya merupakan objek dari class penduduk.Pada contoh 2 fungsi didefinisikan diluar, oleh karena itu pada pendefinisian fungsi harus memiliki bentuk :

tipe_return_fungsi nama_kelas :: nama_fungsi (parameter)

Hal ini untuk memberitahu kompiler bahwa fungsi tersebut merupakan anggota dari kelas nama_kelas. Simbol ( :: ) merupakan operator resolusi lingkup.

Contoh Program
Coding

#include <stdio.h>
#include <iostream.h>
#include <conio.h>

void main()

{
clrscr();
class orang
{
Public :
char nama[40];
int tanggal;
int bulan;
int tahun;
}saya;
cout<<"nama : ";
cin.getline(saya.nama,40);
cout<<"lahir "<<endl;
cout<<"tanggal :" ;
cin>>saya.tanggal;
cout<<"bulan :" ;
cin>>saya.bulan;
cout<<"tahun :" ;
cin>>saya.tahun;

cout<< saya.nama << " lahir tanggal " << saya.tanggal <<" bulan " << saya.bulan << " tahun " << saya.tahun;
getch();
}


Tampilan




Pembuat Blog


Nama : Widiyanto
Alamat : Jl. BBK Tarogong No. 399/196B Bandung
TTL : 02 - 02 - 1991
KElas : 1 TI - 8
NRP : 6309111



Data Kampus


PKN LPKIA
Jl. Soekarno Hatta No. 456
Bandung 40266

Tugas Kuliah

Matakuliah : Teori Struktur Data
Dosen : Dadan Nurdin Bagenda, ST.


0 komentar to "Class"

Posting Komentar

Blog Archive

Kotak saran

Web hosting for webmasters